Tingkatkan PAD, BP2RD Kota Kendari pasang TAPPING BOX di Restoran, Hotel dan THM

0 145

Kendarikota.go.id – Dalam upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor Hotel, Restoran dan Tempat Hiburan Malam (THM), Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Kendari akan memasang alat perekam transaksi keuangan berbasis digital atau Tapping Box terhadap hotel, restoran, dan tempat hiburan malam (THM) yang beroperasi di Kota Kendari.

Kepala BP2RD Kota Kendari, Nahwa Umar

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari, Nahwa Umar, mengatakan, pemasangan alat perekam transaksi keuangan berbasis digital mulai diberlakukan Tahun 2019 mendatang.

“Jadi, di 2019 nanti, transaksi keuangan sudah serba IT. Penerapan sistem ini, untuk mempermudah kita memantau wajib pajak,” Ujar Nahwa.

Baca Juga
1 daripada 96

Disebutkan, tapping box ini sudah disosialisasikan kepada para pelaku usaha di Kota Kendari dan Beberapa restoran di Kota Kendari merespon positif rencana ini.

Nahwa Umar menambahkan, keberadaan tapping box sangat dibutuhkan untuk meciptakan transparansi dan akuntabilitas penerimaan pajak daerah.

“Para pengusaha wajib pajak, mereka juga akan sama-sama ikut mengontrol. Jadi dengan sistem, semua menjadi transparan. Ini akan mendongkrak pendapatan asli daerah,” Ungkapnya.

Sistem tapping box yang terkoneksi dengan alat milik pemerintah membuat potensi kecurangan pajak bisa diminimalisir. Selain itu, aplikasi ini dinilai menguntungkan kedua belah pihak bagi pemerintah dan pengusaha. Dengan adanya sistem ini, pemerintah tak perlu repot mengaudit pendapatan wajib pajak secara manual.

“Sistem ini menguntungkan kedua belah pihak. Di antaranya, konsumen restoran bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi tersebut,” Tutup Kepala BP2RD.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

20 + 18 =