Pemerintah Kota Kendari, Launching Film Lautku Rumahku

21 Sep 2017

Redaktur

Sekda Kota Kendari Alamsyah Lotunani mewakili Walikota Kendari berkesempatan me Launching Film Lautku Rumahku di Bioksop Hollywood kendari beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya Alamsyah Lotunani sangat mengapresiasi karya anak lokal ini.

“Memang kehidupan dan kemajuan suatu negara dan daerah ditentukan kreatif anak bangsa. Ini bisa percepat pertumbuhan bangsa,” katanya.

Hadirnya film Lautku Rumahku ini, sejarah baru di Kendari dan bisa mempertontonkan film lokasi di Sultra dan pemainnya semua anak lokal.

“Industri kreatif memberikan ruang bagi generasi kita dan menjadi lapangan pekerjaan baru. Sultra cukup indah, dan kami harap para pemuda Sultra bjsa bersaing di tingkat nasional,” jelasnya.

Sementara itu Sutradara sekaligus penulis skenario Film Lautku Rumahku Ahmad Nizar yang akrab disapa ino mengungkapkan, Film ini dihasilkan oleh tim produksi lokal kendari dan diisi oleh pemain-pemain asli dari kota kendari dengan mengangkat 3 tema utama yaitu Kemaritiman, pariwisata dan edukasi.

“Ada sesi percintaan duka dan konflik dalam tradisi budaya Bajo. Artisnya enam orang adalah asli orang Bajo di Mola Wakatobi,” ungkap pria yang akrab disapa Ino ini.

Dia menyebut, slogan yang digunakan adalah karya 100 persen Sultra, mulai dari obyek, artis hingga sound tracknya.

Ino berharap, dengan munculnya karya asli anak daerah ini bisa memacu anak muda lainnya untuk terus berkarya di tingkat nasional.

“Kita tidak dikelilingi industri perfilman yang bisa melirik. Makanya, kita lahirkan satu karya apa pun risikonya dengan keterbatasan dana tanpa sponsor pembuatan film layar lebar, kita ingin lahirkan sinema film layar lebar tanp mengimpor pemain, crew ataupun peralatan dan semua asli dari sini,” jelasnya.

Film yang disutradarainya ini, sebut ino merupakan film nekat dengan berbagai keterbatasan. Seluruh tim yang tergabung tidak memiliki sekolah soal film dan hanya bermodalkan diskusi dan belajar autodidak, dan diharapkan hadirnya film ini sebagai momentum kebangkitan dunia perfilman karya-karya industri film lokal kendari kedepannya.

Copyright © 2016 Humas Kota Kendari | Develop by ArifHosting.Com Design by Makassar Kota.