PEMKOT KENDARI MELAKUKAN REFORMASI PENGADAAN BARANG DAN JASA

03 Jan 2016

Redaktur

Kendari, 7 Maret 2013 - Pemerintah Kota Kendari bekerjasama dengan Bandung Trust Advisory Group (B_Trust) yang didukung oleh Uni Eropa melaksanakan program bantuan teknis "Peningkatan Efisiensi, Transparansi dan Akuntabilitas Pelayanan Publik" yang berlangsung selama dua tahun (2013-2014). Rangkaian program pendampingan ini diawali dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding/ MoU) pada hari Kamis, 7 Maret 2013 di Ruang Pola Lingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Kendari. Hadir dalam acara ini Walikota Kendari, perwakilan B_Trust, para kepala SKPD, Ketua Asosiasi Penyedia Barang/Jasa dan media.

Pemerintah Kota Kendari berkomitmen untuk melakukan reformasi di bidang pelayanan publik melalui pembentukan Unit Layanan Pengadaan barang/jasa (ULP) dan sistem pengelolaan pengaduan masyarakat. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diikuti perubahan kedua Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk mendirikan dan ULP selambat-lambatnya tahun 2014.

Beberapa kegiatan mendorong pembentukan ULP di Kendari pada tahun 2013 adalah penyusunan grand design pengadaan barang dan jasa, penataan kebijakan, penyusunan standard operating procedure, penataan SDM, Studi Banding, penataan sarana/prasarana, rekruitmen pegawai dengan menggunakan instrumen seleksi yang dapat dipertanggungjawabkan, peningkatan kapasitas SDM melalui training dan magang. Tahun 2014, program pendampingan ini akan diarahkan pada pembentukan sistem pengelolaan pengaduan masyarakat guna meningkatkan partisipasi mereka dalam pembangunan Kota Kendari.

Program ini didanai oleh Uni Eropa melalui B_Trust selaku LSM yang kegiatannya berfokus pada reformasi pelayanan publik baik di tingkat pusat maupun daerah.

Ir. Siswanda H.S, MPM selaku Direktur Senior B_Trust, berharap dengan ditandatanganinya MoU antara B_Trust dan Pemerintah Kota Kendari dapat memperjelas tugas dan peran masing-masing dalam mewujudkan pengadaan barang dan jasa yang adil, transparan dan kompetitif di Kota Kendari.

Sejalan dengan itu, Walikota Kendari, Ir. H. Asrun., M.Eng.Sc dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa B_Trust dapat menghadirkan nuansa yang baik untuk reformasi pelayanan publik di Kota Kendari khususnya dalam hal pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan pengaduan masyarakat.
Lebih lanjut walikota kendari mengatakan bahwa program ini sejalan dengan langkah-langkah pemerintah kota kendari dalam meningkatkan pelayanan public, sebagaimana instruksi presiden republik Indonesia nomor 1 tahun 2013 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2013. (MR/Humas)

Copyright © 2016 Humas Kota Kendari | Develop by ArifHosting.Com Design by Makassar Kota.