Kendari Raih Penghargaan Energi Prabawa Kategori Paling Menginspirasi

03 Jan 2016

Redaktur

KENDARIi_Walikota Kendari, Asrun menerima penghargaan energi kategori prabawa yang diserahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam kegiatan malam penganugerahan penghargaan Energi 2015 bertepatan dengan hari energy sedunia, Kamis (22/10/2015) di Jakarta.

Menteri ESDM RI Sudirman Said memberikan apresiasi pada para penerima penghargaan yang terus berkarya sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Terus berkarya dan bekerja serta kurangi berkata-kata apalagi kata-kata kotor, saya yakin orang yang menerima penghargaan kali ini merupakan orang yang terus berkarya sehingga menghasilkan karya-karya terbaik,” kata Sudirman Said.

Ketua Panitia kegiatan F.X Sutijastoto mengatakan, penghargaan energy 2015 ini meliputi 3 kategori yakni kategori prakarsa, pratama dan prabawa. Kategori energi prakarsa diserahkan pada perorangan, kelompok masyarakat atau perguruan tinggi yang berperan aktif sehingga berdampak pada masyarakat sekitar atau lebih luas.

Kategori energi Pratama diberikan pada perusahaan baik daerah maupun nasional dan asing yang teknologinya mengimplementasikan dan berdampak besar terhadap kinerja sektor ESDM, sedangkan kategori Energi Prabawa diberikan pada instansi pemerintah baik pusat mapun daerah yang telah berjasa dalam pengembangan energi terbarukan dan konservasi energy melalui kebijakan dan regulasi.

“Malam ini diberikan untuk kelima kali sejak tahun 2011, penghargaan energi merupakan upaya pemerintah (ESDM) untuk menggugah kesadaran masyarakat dan mendorong peranaktif pemangku kepentigan untuk melakukan konservasi, diversifikasi dan budaya hemat energy” kata kepala badan pengelitian dan pengembangan ESDM kementrian ESDM RI ini.

Penilaian ini melibatkan para juri yang professional dibidangnya masing-masing dengan tahapan seleksi meliputi penjaringan, seleksi administrasi, verifikasi lapangan dan evaluasi.

Selama penjurian dalam kurun waktu Maret hingga bulan Mei panitia berhasil menyeleksi 76 calon yang terdiri dari 42 calon kategori prakarsa, 23 calon kategori pratama dan 11 calon kategori prabawa yang tersebar di 23 propinsi dan 52 kabupaten kota seluruh Indonesia.

“Hasil seleksi dan persentase dihadapan dewan juri kemudian sidang dewan juri memutuskan sebanyak 13 penerima penghargaan energy yang ditetapkan dalam keputusan menteri, tahun 2015 ini dewan juri juga menetapkan yang paling menginspirasi” kata F.X Sutijastoto.

Ia menjelaskan, penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi pada para pemangku kepentingan yang secara nyata telah berkarya dan berkontribusi dalam menciptakan inovasi dan pengembangan teknologi sektor ESDM secara berkelanjutan serta menginspirasi masyarakat menggunakan energy terbarukan.

Pada pengerimaan penghargaan ini Kota Kendari menjadi daerah yang paling menginspirasi dibandingakn piala bersama 3 daerah lainnya yakni, Daerah Istimewa Jogjakarya, Papua Barat dan Kabupaten Agam. Ketiga daerah itu megembangkan energi alternative seperti penggunaan Solar sel, pembangunan energy listrik mikro hidro.(Zonasultra.com)

Copyright © 2016 Humas Kota Kendari | Develop by ArifHosting.Com Design by Makassar Kota.