Portal Resmi Pemerintah Kota Kendari

Plt.Walikota Kendari bersama warga Bersihkan Kali Mandonga

0 68

kendarikota.go.id – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari Sulkarnain Kadir terjun langsung membersihkan kali mandonga dalam aksi bersih kali, bersama warga dan Dinas Lingkugan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, di Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Sabtu (15/9) pagi.

Di lokasi kegiatan, Sulkarnain menyampaikan kegiatan ini guna memastikan seluruh aliran air di kali yang ada di Kota Kendari bersih dari sampah.

Plt.Walikota Kendari, Sulkarnain K, Instruksikan DLHK bersihkan semua kali dalam kota hingga akhir tahun.

“Kegiatan seperti ini akan kita inisiasi sampai akhir tahun. Tidak hanya membersihkan sampahnya, tetapi juga mengangkat sedimennya, agar ketika masuk musim penghujan kita sudah mengantisipasinya, Ujar Sulkarnain.

Plt.Walikota mengatakan, kegiatan bersih-bersih kali bakal dilaksanakan setiap minggu. Namun tidak hanya melibatkan petugas kerbersihan DLHK, melainkan juga melibatkan warga di setiap wilayah yang dilewati kali.

Baca Juga
1 daripada 76

“Kita upayakan sebelum masuk awal 2019, kali-kali di Kota Kendari sudah bersih dari sampah dan sedimennya bisa kita angkat. Saya juga sudah memantau beberapa kelurahan terkait pembersihan kali. Ternyata sudah ada perbaikan, sudah ada peningkatan walaupun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan karena yang kita mau dorong ini adalah kesadaran warga,” tambahnya.

Di Kali Mandonga kata dia, endapan lumpur dan sampah menjadi salah satu masalah yang perlu penanganan berkelanjutan. Jika masih bisa ditangani manual kata dia bisa dilakukan dengan gotong royong, jika tidak maka bisa dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. “Kita punya alat berat untuk mengeruk,” ungkapnya.

Masyarakat ikut berpartisipasi membersihkan kali mandonga

Dirinya berharap, minggu kedepannya warga sudah berinisiatif di koordinir Camat, Lurah, RT/RW, untuk mengajak warga turun membersihkan sampah di kali. “Harapan kita kalau masyarakat ikut turun membersihkan, ya mereka punya perasaan empatilah untuk tidak membuang sampahnya di kali,” tutup Sulkarnain.

Penampakan kali mandonga setelah dilakukan pembersihan, air tampak jernih

Subscribe to our newsletter
Comments
Loading...