Portal Resmi Pemerintah Kota Kendari

Januari 2018, Pemkot Kendari Terapkan Transaksi Non Tunai

0 57

KENDARI – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari Susanti mengatakan, 1 Januari 2018 mendatang Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai menerapkan transaksi non tunai pada seluruh SKPD baik itu transaksi pendapatan maupun belanja.

Susanti mengungkapkan, transaksi non tunai dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 tahun 2016 dan berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendagri.

“Jadi nantinya gaji, tambahan penghasilan, insentif, perjalanan dinas, honorarium pegawai, uang lembur dan sewa rumah dokter dilakukan transaksi secara non tunai,” jelas dia di ruang kerjanya, Selasa 24 Oktober 2017.

Untuk memuluskan rencana itu, pihak BPKAD telah berkoordinasi dan mengundang Bank Indonesia (BI) untuk menjelaskan seperti apa nantinya transaksi non tunai akan diberlakukan.

Baca Juga
1 daripada 18

Ia mengaku, berkaitan dengan masalah pendapatan semua penerimaan yang masuk pada kas daerah sudah dinontunaikan baik itu penerimaan pajak maupun retribusi.

“Kalau non tunai transaksi pendapatan sudah jalan. Sedangkan transaksi non tunai belanja diharapkan 1 Januari 2018 sudah dijalankan karena hal itu sesuai SE Mendagri,” tambahnya.

Ia menyebut, sudah ada beberapa SKPD yang telah melakukan transaksi non tunai. Salah satunya BPKAD.

“Kami sudah lakukan transaksi secara non tunai baik PNS maupun honorarium. Jadi bendahara tidak lagi melakukan pembayaran secara manual,” terangnya sembari berharap agar transaksi non tunai tetap dilaksanakan.

Subscribe to our newsletter

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.